Langsung ke konten utama

15 Film Thriller Korea Terbaik

Film Thriller Korea Terbaik

Selain penghasil K-Pop, Korea Selatan juga dikenal sebagai negara dengan industri perfilman yang maju. Banyak film asal negeri ginseng yang meraih sukses hingga di kancah internasional. Nah kali ini akan saya suguhkan film korea terbaik yang bergenre thriller.

Kenapa kok thriller? sejak memasuki era milenium, banyak bermunculan film thriller Korea yang gak kalah sama garapan box-office. Seakan sudah menjadi trend disana sehingga muncul banyak sekali film thriller kelas wahid yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Film ini kebanyakan bercerita tentang crime. Contohnya polisi, detektif, pembunuh, dan psikopat. Jadi jangan heran kalau adegannya sadis-sadis. Langsung saja berikut ini daftar film thriller Korea terbaik. Tidak termasuk film horror dan sci-fi.




 1. Oldboy (2003) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Park Chan-wook
Durasi film: 2 jam
Rating IMDb: 8,4
Sinopsis cerita: Seorang pria dibebaskan setelah disekap dan dikurung selama 15 tahun. Ia harus bisa menemukan siapa pelakunya dalam waktu 5 hari.

Salah satu film non-Hollywood terbaik sepanjang masa.



 2. Lady Vengeance (2005) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Park Chan-Wook
Durasi film: 1 jam 52 menit
Rating IMDb: 7,6
Sinopsis cerita: Setelah mendekam di penjara selama 13 tahun atas kasus penculikan dan pembunuhan bocah kecil, seorang wanita menyusun rencana guna membalas dendam kepada pelaku yang sebenarnya.



 3. Sympathy For Mr. Vengeance (2002) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Park Chan-Wook
Durasi film: 2 jam 9 menit
Rating IMDb: 7,7
Sinopsis cerita: Seorang buruh pabrik yang terkena PHK menculik anak dari mantan bossnya. Ia menuntut sejumlah uang tebusan untuk membiayai transplantasi ginjal adik perempuannya.

Film ini bersama Oldboy dan Lady Vengeance sering dijuluki sebagai "The Vengeance Trilogi" lantaran semuanya bertema balas dendam. Setiap film punya cerita dan karakternya sendiri jadi bukan sambungan dari satu film ke film lainnya.



 4. Memories Of Murder (2003) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Bong Joon Ho
Durasi film: 2 jam 12 menit
Rating IMDb: 8,1
Sinopsis cerita: 
Di sebuah desa kecil di Korea tahun 1986, tiga orang detektif menangani kasus pembunuhan sekaligus pemerkosaan gadis yang menimpa desa mereka. Kasus tersebut menjadi semakin berlarut-larut dan pelakunya tak kunjung ditemukan.




 5. I Saw The Devil (2010) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Kim Jee-Woon
Durasi film: 2 jam 21 menit
Rating IMDb: 7,8
Sinopsis cerita: Seorang agen rahasia membalas dendam dengan menyiksa pembunuh tunangannya. Ia membiarkan tersangka tersebut lolos berkali-kali agar dapat disiksa secara perlahan-lahan.



 6. The Chaser (2008) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Na Hong-Jin
Durasi film: 2 jam 5 menit
Rating IMDb: 7,9
Sinopsis cerita: Seorang germo berusaha melacak keberadaan salah satu PSK-nya yang menghilang.



 7. Confession Of Murder (2012) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Jeong Byeong-Gil
Durasi film: 1 jam 59 menit
Rating IMDb: 7,1
Sinopsis cerita: Seorang pembunuh berantai menguak identitasnya ke publik dengan menulis buku otobiografi tentang sepak terjangnya. Kini ia menjadi terkenal bak selebritis. Apakah ia sudah benar-benar bertobat? bagaimana dengan detektif yang selama ini gencar memburunya? silahkan tonton sendiri daripada entar malah spoiler.



 8. The Man From Nowhere (2010) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Lee Jeong-Beom
Durasi film: 1 jam 59 menit
Rating IMDb: 7,8
Sinopsis cerita: Seorang pensiunan mafia yang kini hidup damai terpaksa harus terjun kembali ke dunia kriminal untuk menyelamatkan seorang bocah perempuan dari komplotan yang memperjualbelikan organ secara ilegal.



 9. The Terror Live (2013) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Kim Byeong-Woo
Durasi film: 1 jam 37 menit
Rating IMDb: 7,2
Sinopsis cerita: Seorang pembawa berita yang kini tengah redup pamornya mendapat kesempatan lagi untuk menjadi terkenal dengan memandu sebuah talkshow eksklusif dengan teroris via telepon. 

Film ini hanya berlatar di satu tempat saja. Yakni di gedung siaran berita. Namun alur ceritanya susah ditebak dan sangat mendebarkan hingga akhir.



 10. Mother (2009) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Bong Joon Ho
Durasi film: 2 jam 9 menit
Rating IMDb: 7,8
Sinopsis cerita: Seorang ibu yang over-protektif mencari pembunuh seorang gadis yang telah menjebak anaknya.

Film tentang kasih ibu kepada anaknya yang tak mengenal batas. Ia rela melakukan apa saja untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah.



 11. The Neighbors (2012) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Kim Hwi
Durasi film: 1 jam 55 menit
Rating IMDb: 6,5
Sinopsis cerita: Seorang ibu tiri merasa bersalah setelah anak perempuannya yang masih SD diculik dan ditemukan tewas beberapa hari kemudian. Sementara itu, di tengah apartemennya ada seorang pria yang mencurigakan. Namun tak seorang pun berani menangkapnya karena tidak cukup bukti.



 12. No Mercy (2010) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Kim Hyeong-Joon
Durasi film: 2 jam 5 menit
Rating IMDb: 7,4
Sinopsis cerita: Seorang petugas forensik yang anaknya menghilang secara misterius tengah beradu pikiran dengan seorang aktivis lingkungan yang ditangkap akibat kasus pembunuhan.



 13. A Hard Day (2014) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Kim Seong-Hoon
Durasi film: 1 jam 51 menit
Rating IMDb: 7,2
Sinopsis cerita: Setelah berusaha menyembunyikan keterlibatannya dalam sebuah kecelakaan mobil yang menewaskan seorang pria, seorang detektif dimata-matai oleh seseorang yang mengaku melihat kecelakaan tersebut.

Film ini dipadu dengan unsur komedi. Biar gak nonton yang serius melulu.



 14. Montage (2013) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Jeong Geun-Seop
Durasi film: 2 jam
Rating IMDb: 7,5
Sinopsis cerita: Seorang ibu kehilangan anaknya akibat kasus penculikan yang tejadi 15 silam. Kini kasus yang sama muncul lagi dan ia sangat ingin meringkus pelakunya.



 15. Perfect Number (2012) 
Film Thriller Korea Terbaik
Sutradara: Pang Eun-Jin
Durasi film: 1 jam 59 menit
Rating IMDb: 6,9
Sinopsis cerita: Seorang perempuan membunuh mantan suaminya akibat sering diperlakukan dengan kasar. Ia bersekongkol dengan tetangganya yang berprofesi sebagai guru matematika guna menutupi kasus pembunuhan tersebut. Trik yang digunakan sangat cerdik dan rapi. 

Penasaran gimana kelanjutannya? tonton sampai habis.