Langsung ke konten utama

Tips Merawat dan Mencuci Tenda Gunung

Tips Merawat dan Mencuci Tenda Gunung

Salah satu alat mendaki gunung yang paling mahal ialah tenda. Dari yang harganya 500 ribuan hingga yang 5 juta rupiah sekalipun, jika salah merawatnya maka tenda tidak akan berumur panjang. Begitu pula dengan cara mencuci tenda. Meski tampak bersih dan kinclong, salah mencuci tenda bisa mengurangi kemampuan waterproofnya. Apabila dipakai saat musim hujan airnya akan merembes masuk ke dalam tenda. Saya pernah mengalami hal tersebut (baca kisahnya disini). Tenda yang dirawat dengan benar akan awet hingga bertahun-tahun sehingga anda pun bisa menghemat pengeluaran. Berikut ini tips merawat dan mencuci tenda.


Tips merawat tenda
  1. Selalu gunakan footprint atau alas tenda tiap kali dipakai naik gunung. Penggunaan footprint ini berfungsi untuk melindung bagian bawah tenda supaya awet. Tips memilih footprint bisa anda baca disini.
  2. Ketika hendak mendirikan tenda, tak usah terburu-buru saat merakit maupun melipat frame-nya. Frame tenda mudah patah jika tidak berhati-hati.
  3. Risleting pada pintu tenda juga rawan rusak. Maka dari itu harus pelan-pelan jika ingin menutup pintu tenda. Jika risletingnya macet tidak usah terlalu dipaksakan. Nanti malah bertambah parah. Gunakan lilin untuk melumasinya supaya halus.
  4. Lepas dan taruh sepatu di luar tenda. Kerikil kecil yang tak sengaja masuk ke dalam tenda jika dibiarkan akan berpotensi membuat lubang pada bagian floor tenda.
  5. Jangan merokok atau memasak di dalam tenda karena bara api-nya bisa melubangi floor tenda.
  6. Sebelum mengemasi tenda, lepas bagian rainfly-nya. Dengan kondisi frame masih terpasang, angkat tenda dan goyang-goyangkan supaya kotoran yang ada di dalam tenda bisa keluar. Lakukan hal ini tiap kali mau mengepak tenda.
  7. Jangan sembarangan minjemin tenda ke teman. Jika tidak hati-hati yang ada malah tenda jadi rusak. Bukannya pelit tapi lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal kemudian. Kasus yang sering terjadi biasanya: framenya patah, pasaknya ada yang hilang, dan kotor gak dibersihin.


Tips menyimpan tenda
  1. Jika tenda dalam kondisi basah setelah dipakai naik gunung, segera jemur di rumah keesokan harinya. Pastikan tenda sudah kering sepenuhnya lalu segera angkat. Jangan terlalu lama menjemur tenda. Jika hujan cukup di angin-anginkan saja. Yang jelas jangan menyimpan tenda dalam kondisi basah. 
  2. Cara terbaik mengepak tenda ialah dengan menggulungnya. Jangan menjejalkannya ke dalam kantong seperti layaknya sleeping bag. Jangan pula terlalu sering melipat tenda karena bekas lipatannya bisa merusak lapisan coating.
  3. Masukkan silica gel atau kapur barus ke dalam tenda untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  4. Simpan tenda di tempat kering dan tidak lembab.
  5. Sesekali dirikan tenda jika tidak digunakan dalam waktu lama. Dirikan di tempat yang teduh selama beberapa jam. Hal ini untuk memastikan supaya kain tenda tidak kaku.


Tips mencuci tenda
  1. Dirikan tenda di tempat yang teduh.
  2. Siapkan peralatan mencuci seperti selang semprotan, bak air, spons, dan sikat yang halus.
  3. Campur air dengan pembersih khusus tenda seperti Nikwax Tech Wash atau Fabsil Tent and Gear Cleaner di dalam bak pencucian. Sayangnya produk tersebut jarang ditemukan di Indonesia. Untuk mensiasatinya, saya biasa pakai sabun cair berkonsentrat rendah seperti sampo bayi. Jangan menggunakan detergen karena bisa merusak lapisan coating dan seam-sealingnya.
  4. Gunakan spons untuk membersihkan bagian luar tenda. Usap perlahan hingga merata. Gunakan sikat yang halus untuk menghilangkan noda membandel.
  5. Semprot dengan selang ke seluruh bagian tenda hingga terbilas bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal.
  6. Biarkan mengering sampai sempurna.
  7. Jangan di laundry ataupun dicuci dengan mesin cuci karena bisa merusak lapisan coating dan seam-sealingnya.

Itulah berbagai tips yang perlu diperhatikan dalam merawat dan mencuci tenda. Perawatan ini sangat penting karena tenda merupakan rumah kita saat berpetualang di alam. Perawatan yang benar akan membuat tenda jadi awet dan tentunya bisa menghemat pengeluaran anda. Selain perawatan, kualitas dari tenda itu sendiri juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anda. Jadi pastikan agar tidak salah pilih tenda. Tips lengkap cara memilih tenda dapat anda baca disini.