Langsung ke konten utama

Tips Packing Tas Gunung Yang Tepat dan Efisien

Cara Packing Tas Yang Tepat dan Efisien Untuk Mendaki Gunung

Packing merupakan seni yang unik karena tiap pendaki punya caranya masing-masing. Meski demikian, perlu diperhatikan cara packing yang tepat dan efisien. Tujuannya antara lain:
  • Agar beban di dalam tas terdistribusi secara merata sehingga tidak gampang pegal, terutama di bagian pundak.
  • Mengatur posisi barang agar stabil sehingga tidak mengganggu pergerakan sewaktu trekking.
  • Agar barang-barang di dalam tas tersusun rapi dan efisien.
  • Untuk memaksimalkan ruang yang tersedia di dalam tas.
  • Menghindari kelebihan barang sehingga tas jadi lebih awet.


Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam mengepak barang ke dalam carrier.
  1. Buat cek list barang apa saja yang akan di bawa. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Contoh list perlengkapan mendaki gunung bisa anda baca disini.
  2. Baringkan semua barang-barang sebelum di masukkan ke dalam tas. Cek lagi satu-persatu untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Jangan keburu masukin barang ke dalam tas jika masih pemula dan belum terbiasa packing carrier. 
  3. Masukkan barang-barang yang besar dan empuk terlebih dahulu seperti sleeping bag dan pakaian ganti di bagian bawah karena dipakai paling belakangan. Jangan lupa bungkus ke dalam tas plastik supaya tidak basah saat hujan. Karena barang ini empuk maka berfungsi sebagai penyerap goncangan dari barang-barang diatasnya sehingga tas tidak mudah goyah.
  4. Taruh barang-barang yang paling berat di bagian tengah tas. Usahakan ditaruh sedekat mungkin ke punggung. Contohnya: kompor, nesting, tenda, makanan, serta botol air minum atau water bladder. Pastikan botolnya sudah tertutup rapat supaya tidak tumpah. 
  5. Taruh barang-barang yang penting dan sering digunakan di bagian atas supaya mudah mengambilnya. Contohnya: jas hujan, alat P3K, kamera, topi, kacamata, dan makanan ringan.
  6. Jika ada kompartemen samping di kedua sisi tas, aturlah agar seimbang bobotnya. Bagian samping ini biasanya diisi dengan sarung tangan, gaiter, gas kaleng, dan berbagai printilan lainnya.
  7. Gunakan raincover supaya tas tidak mudah kotor dan sekaligus menjaga isi tas agar tidak basah apabila hujan.

Tips! Jika memakai matras gulung, masukkan ke dalam tas seperti berikut ini supaya berfungsi sebagai pembentuk rangka. Dengan demikian barang-barang di dalamnya tidak mudah goyah, lebih stabil, dan nampak kokoh. Namun kekurangannya, kapasitas di dalam tas jadi lebih kecil karena termakan oleh matras. Saya sendiri sudah tidak memakai matras gulung karena packingnya mamakan tempat. Sebagai gantinya, saya pakai matras aluminium foil karena ukurannya lebih besar (bisa untuk 2-3 orang), lebih ringkas packingnya (bisa dilipat), serta insulasinya lebih baik (lebih hangat).


Jadi pada prinsipnya barang yang besar dan jarang dipakai ditaruh di bawah. Barang yang berat di taruh di tengah dekat dengan punggung. Sedangkan barang yang ringan dan sering dipakai ditaruh di bagian atas. Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi di bawah ini.

Tips Packing Tas Gunung Yang Tepat dan Efisien


Apabila packingnya tepat dan efisien maka sisa ruang di dalam tas bisa dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, sebisa mungkin hindari menggantung barang di luar tas karena bisa membuat tas menjadi tidak stabil. Barang yang digantung juga rentan jatuh jika terkena ranting atau jika kurang kuat mengikatnya. Namun ada kalanya tas jadi penuh sehingga mau gak mau harus menggantung barang di luar tas. Terutama untuk pendakian yang memakan waktu hingga berhari-hari. Barang yang biasa dicantol di luar tas antara lain: sleeping bag, matras, tenda, flysheet, trekking pole, jas hujan, dan sandal. Disinilah pentingnya berimprovisasi. Gunakan tali kompresi dan webbing yang tersedia di bagian luar tas untuk mengatur posisi barang. Atur supaya seimbang agar tas tetap stabil dan bobotnya merata.


Tidak ada rumus pasti dalam packing karena tiap pendaki punya caranya masing-masing. Yang ada hanyalah cara packing supaya praktis dan efisien. Sering-seringlah mencoba berbagai macam konfigurasi barang di dalam tas. Cari yang menurut anda paling nyaman. Berbagai faktor yang memengaruhi kenyamanan tas antara lain: cara packing, bobot keseluruhan barang bawaan, dan tentu saja kualitas dari tas itu sendiri.


Perlu diingat...
Meskipun packingnya sudah tepat jika tasnya berkualitas buruk ya sama juga bohong. Pundak dan punggung bakal cepat letih. Maka dari itu, penting untuk memilih tas yang berkualitas agar pendakian terasa nyaman. Tips memilih tas gunung dapat anda baca disini.