Langsung ke konten utama

Tips Aman Liburan ke Air Terjun

Tips Aman Liburan ke Air Terjun

Obat paling mujarab untuk mengatasi stres adalah dengan berwisata alam. Kadangkala kita butuh refreshing agar tidak jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Salah satu obyek wisata alam yang populer ialah air terjun. Tempat yang satu ini sering jadi jujukan wisatawan, baik dari kalangan muda maupun yang sudah berkeluarga. Air terjun menyajikan pesona yang luar biasa. Mendengarkan deburan airnya bisa menenangkan jiwa. 
Artikel kali ini membahas tips penting ketika hendak berlibur ke air terjun.


1. Banyak membaca referensi tentang air terjun yang akan dikunjungi
Sebagai gambaran kondisi di lapangan, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai air terjun yang hendak dituju tersebut. Info ini bisa didapatkan dari internet atau dari rekan yang sebelumnya sudah pernah kesana.


2. Pilih waktu yang tepat
Berkunjung ke air terjun idealnya pada saat musim kemarau. Di musim hujan, air terjun akan berbahaya karena arus airnya makin deras dan rawan longsor. Pertimbangkan pula jarak tempuh ke lokasi air terjun. Usahakan tiba di lokasi se-pagi mungkin dan pulang sebelum hari mulai gelap.


3. Bawa makanan ringan dan air minum secukupnya
Kadang tempat parkir kendaraan dengan lokasi air terjunnya lumayan jauh sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu. Untuk itu, bersiaplah membawa cemilan dan air minum secukupnya karena di lokasi air terjun kadang tidak ada orang berjualan. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. 


4. Bawa pakaian ganti dan alat mandi
Biasanya di lokasi air terjun menyediakan kamar mandi untuk umum. Setelah selesai bermain air terjun sebaiknya mandi dan sekalian ganti pakaian. Bawa perlengkapan mandi seperti sabun cuci muka, sampo, handuk, dan jangan lupa pakaian ganti.


5. Gunakan sandal yang tidak mudah selip
Kondisi tanah dan bebatuan di air terjun sangat licin. Kita harus ekstra hati-hati jika melangkah. Gunakan sandal yang tidak mudah selip seperti misalnya sandal gunung. Jangan memakai sepatu karena kurang praktis dan mudah basah sehingga tidak nyaman dipakai.


6. Bawa drybag atau kantong plastik
Bungkus pakaian ganti dan barang-barang elektronik seperti HP dan kamera digital ke dalam kantong plastik atau drybag supaya tetap kering. Gunakan waterproof case untuk mencegah supaya tidak terkena cipratan atau terjatuh ke dalam air. Jangan meremehkan cipratan air terjun karena HP saya pernah rusak LCD-nya gara-gara tidak memakai waterproof case. Padahal HP saya itu water resistant bersertifikasi IP68. Mending selalu siap sedia daripada nanti menyesal belakangan.


7. Hati-hati dengan tumpahan air terjun
Hal yang paling ingin kita lakukan begitu tiba di air terjun ialah berdiri tepat di bawah tumpahannya. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya karena kita tidak pernah tahu benda apa yang hanyut terbawa arus air terjun. Bisa saja ada kayu maupun batu-batuan. Akan sangat berbahaya jika mengenai kepala kita. Untuk itu, jangan berdiri tepat di bawah tumpahannya.


8. Berhenti bermain apabila hujan
Jika hujan sebaiknya segera cari tempat berteduh yang aman. Apabila hujannya sangat deras, segera tinggalkan lokasi air terjun karena arusnya akan semakin kencang dan rawan longsor.


9. Awas binatang liar!
Hewan berbahaya yang sering muncul di air terjun diantaranya kalajengking dan ular. Kedua hewan inilah yang paling sering muncul karena menyukai tempat yang lembab. Sengatan kedua hewan ini bisa berakibat fatal. Hati-hati jika duduk di bebatuan. Pastikan batu tersebut bukan tempat bersarang ular. Kalajengking juga sering membuat sarang di bawah batu-batuan.