Langsung ke konten utama

Terkapar Kena Tipes dan Tips Mengatasinya

Tips Terkena Tipes

Seminggu yang lalu saya tidak bisa beraktivitas lantaran demam. Berselang 4 hari kemudian, kok demam yang biasanya sembuh sendiri ini kian membandel. Suhu badan saya menembus angka 38° Celsius. Akhirnya saya periksa ke dokter. Kata dokter berdasarkan cek darah di laboratorium, hasilnya negatif demam berdarah. Ada gejala typhus tapi belum sampai kena. Saya diberi 3 macam obat. Yakni obat penurun demam, obat pusing / sakit kepala, dan antibiotik. Diminum 3 kali sehari. 


Dua hari kemudian kepala saya cenut-cenut luar biasa. Bukan seperti pusing pada umumnya. Seumur-umur belum pernah sakit kepala seperti ini. Rasanya seperti ditusuk-tusuk. Saya cek lagi ke dokter dan di cek darah lagi. Total sudah enam hari demam saya tak kunjung sembuh, saya pasrah kalau hasilnya positif demam berdarah. Ternyata tidak. Kata dokter, cenut-cenut itu gejala dari tipes-nya. Nanti juga bakalan sembuh sendiri. Saya kembali dikasih obat yang sama.


Demam saya akhirnya membaik di hari ke-tujuh. Mimpi buruk pun usai dan kini sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Sebelumnya pada tahun 2009 dan 2013 lalu saya sempat opname seminggu akibat terkena demam berdarah. Susah membayangkan kalau di tahun 2016 ini terkena lagi. Udah kayak Piala Dunia aja, empat tahunan sekali. Berdasarkan pengalaman buruk kemarin, ada beberapa tips yang akan saya bagi disini.


Tips saat terkena tipes
  1. Jika di hari ketiga demam tak kunjung membaik, segera hubungi dokter. Akan lebih baik apabila di cek darah sekalian untuk mengetahui lebih lanjut apakah positif demam berdarah atau tidak. Soalnya tipes dan demam berdarah ini serupa tapi tak sama, hampir mirip gejalanya.
  2. Istirahat total. Tidak usah mainan HP, televisi, layar monitor, laptop, dan sebagainya.
  3. Makan secara teratur dan hindari yang pedas-pedas. Memang saat demam nafsu makan bakal menurun. Entah bagaimanapun caranya, jangan biarkan perut kosong.
  4. Minum obat sesuai resep yang diberikan dokter.
  5. Banyak minum air putih.
  6. Untuk meringankan demam, kompres kepala dengan air dingin. 
  7. Jika badan menggigil, matikan kipas angin atau AC. Pakai celana panjang dan selimut jika perlu.
  8. Apabila sudah baikan dan yakin sudah sembuh total, pemberian obat bisa dihentikan tetapi antibiotik-nya sebaiknya diminum sampai habis untuk memperkuat kembali sistem kekebalan tubuh.

Sekian tips dari saya. Sakit memang bisa datang kapan saja. Kuncinya istirahat yang cukup dan jaga pola makan. Sekali-kali sempatkan berolahraga. Stres berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan. Karena penyakit tak cuma soal fisik saja, namun juga psikis. Sehat memang mahal harganya. Maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati.