Langsung ke konten utama

Tips Mencuci Baselayer atau Jersey

Tips Mencuci Baselayer atau Jersey

Seperti halnya pakaian hiking yang lain, mencuci baselayer juga memerlukan perhatian khusus supaya awet dan performanya tetap terjaga. Mencuci baselayer sembarangan dapat menyebabkan berkurangnya performa baselayer tersebut. Seperti misalnya daya serapnya yang tidak lagi maksimal, warna kain menjadi luntur, hingga kemampuan quick drying-nya yang tidak secepat saat masih baru. Hal diatas pernah saya alami. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut karena akan mengganggu kenyamanan saat dipakai mendaki gunung. Untuk tips memilih baselayer bisa anda baca disini.


Tips mencuci baselayer:
  1. Lihat instruksi pada care label yang tertera di dalam baselayer. Klik disini untuk informasi komplet mengenai simbol yang tertera pada care label tersebut.   
  2. Siapkan bak yang akan digunakan untuk mencuci baselayer. 
  3. Cuci dengan detergen berkonsentrat rendah agar tidak merusak serat kain sehingga performanya tetap terjaga. Produk detergen khusus untuk baselayer contohnya Nikwax BaseWash dan Grangers Base CleanerSayangnya produk-produk seperti itu susah ditemukan di Indonesia. Untuk mensiasatinya, saya biasanya cukup menggunakan sampo bayi. Setelah itu, barulah bilas lagi dengan air dingin untuk memastikan baselayer telah bersih sempurna. Mencuci baselayer bisa juga dengan menggunakan mesin cuci.
  4. Jemurlah atau cukup di angin-anginkan saja hingga kering. Jangan menggunakan pengering di mesin cuci. 
  5. Jangan menyetrika baselayer karena akan merusak serat kain.
  6. Simpan di tempat kering dan tidak lembap.

Itulah tips mencuci baselayer. Perlu diingat karena bahan kain baselayer berbeda dengan kaos pada umumnya. Cara mencucinya pun tidaklah sama. Tips diatas bisa juga diterapkan untuk mencuci jersey tim sepakbola kesayangan anda. Dengan memperhatikan cara mencuci diatas, baselayer akan awet dan performanya tetap terjaga.