Langsung ke konten utama

Apa itu Windstopper? Mengenal Kain Penolak Angin

Apa itu Windstopper? Mengenal Bahan Kain Penolak Angin

Bahan garmen jaket outdoor yang terkenal selain Polartec salah satunya ialah Windstopper. Windstopper banyak dipakai di jaket jenis softshell karena memiliki ketahanan yang baik terhadap angin (windproof). Selain itu, membran Windstopper bisa ditambahkan ke dalam kain polar untuk membuatnya windproof. Tag Windstopper sering kita jumpai di jaket, kupluk, celana, hingga sarung tangan. Berikut ini akan diulas mengenai Windstopper.


Apa itu Windstopper?
Windstopper ialah sebuah merek laminasi kain yang diproduksi oleh W. L. Gore Corporation. Perusahaan manufaktur asal Amerika Serikat yang juga memproduksi Gore-Tex. Windstopper ini memiliki sifat windproof dan breathable, bukan waterproof seperti layaknya Gore-Tex. Windstopper memiliki breathabilitas yang lebih baik daripada Gore-Tex karena pori-pori permukaan kainnya sedikit lebih besar daripada Gore-Tex. Namun karena di dalam kain Windstopper terdapat membran laminasi, maka masih lebih breathable fleece biasa yang tanpa laminasi. 


Cara kerja Windstopper
Windstopper memiliki konstruksi 3-layer. Layer terluar biasanya berupa kain microfleece yang biasa ditambahkan kemampuan water-repellent. Layer tengahnya membran Windstopper dan layer di dalam berupa tricot polyester supaya lembut dan halus di kulit. Layer Windstopper yang di tengah berfungsi untuk mencegah masuknya angin dari luar ke dalam kain. Sementara lapisan luarnya memiliki fungsi untuk mencegah hilangnya panas tubuh dan lapisan dalamnya memiliki sifat cepat kering sehingga membantu breathabilitas. Membran Windstopper terbuat dari polytetrafluorethylene atau PTFE. Polimer ini secara mikroskopis 900 kali lebih besar dari molekul uap air. Itulah sebabnya mengapa kain Windstopper memiliki breathabilitas yang cukup baik.


Fungsi dan kegunaan Windstopper
Seperti penjelasan di atas, Windstopper berfungsi untuk membuat garmen supaya tahan terhadap terpaan angin. Membran Windstopper sering ditambahkan pada kain polar karena bahan ini sangat rentan terkena terpaan angin. Bagian luar dari kain Windstopper juga biasa ditambahkan dengan Durable Water Repellent (DWR) sehingga menjadikannya water-resistant. Masih aman untuk dipakai saat hujan gerimis. Namun apabila hujan deras Windstopper akan basah karena tidak waterproof.


Perbedaan antara Windbreaker dan Windstopper
Windbreaker ialah istilah yang biasa dipakai untuk menyebut jaket yang memiliki sifat windproof. Sedangkan Windstopper ialah produsen garmen-nya. Kedua istilah ini sering dicampur-adukkan. Tidak semua jaket windbreaker terbuat dari bahan Windstopper. Seringkali jaket windbreaker yang berkualitas rendah terbuat dari kain parasit. Memang windproof tetapi bahan tersebut memiliki breathabilitas yang buruk sehingga kurang cocok jika dipakai beraktivitas outdoor. Jika menggunakan kain Windstopper biasanya akan dipasangi tag seperti foto di bawah ini.

tag windstopper
keunggulan windstopper / tag windstopper
Contoh tag Windstopper pada jaket dan sarung tangan outdoor.


Keunggulan kain Windstopper:
  • Tahan terhadap terpaan angin
  • Memiliki breathabilitas yang cukup baik
  • Kainnya bisa di-treatment supaya tahan air
  • Lumayan cepat keringnya
  • Lentur dan dapat melar
  • Perawatannya mudah