Langsung ke konten utama

Apa itu Polartec? Bukan Sekedar Kain Fleece Biasa

Apa itu Polartec? Bukan Sekedar Kain Fleece Biasa

Jika hendak membeli jaket midlayer untuk naik gunung, ada baiknya anda mengenal bahan pembuat garmen yang satu ini. Polartec dikenal sebagai salah satu garmen pembuat jaket midlayer yang umum dipakai di olahraga outdoor. Baca tips memilih jaket gunung beserta penjelasannya untuk mengetahui lebih lanjut tentang macam-macam jaket gunung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Polartec.


Apa itu Polartec?
Polartec ialah sebuah merk yang memproduksi berbagai jenis garmen dan tekstil. Selain untuk olahraga outdoor, Polartec juga memproduksi garmen untuk keperluan industri, militer, dan kesehatan. Garmen buatan Polartec biasanya digunakan untuk membuat baselayer, jaket, celana, selimut, sleeping bag, dan berbagai aksesoris lainnya semisal kupluk, sarung tangan, hingga kaos kaki. Bahan Polartec terbuat dari polyester dan bahan-bahan sintetis lainnya yang telah diproses secara modern. Jadi, Polartec merupakan sebuah merk, bukan bahan ataupun material garmen.


Sejarah mengenai Polartec
Polartec pada mulanya diproduksi oleh perusahaan bernama Malden Mills yang berlokasi di Lawrence, Massachusetts, Amerika Serikat. Mereka-lah yang pertama kali membuat kain polar sintetis pada tahun 1979. Kemudian di tahun 1981 mereka memperkenalkan Polartec Classic, produknya yang paling dikenal luas di pasaran. Pada tanggal 11 Desember 1995, terjadi kebakaran besar yang menghanguskan tiga pabriknya. Akibat dari peristiwa itu, 3000 karyawannya di PHK namun mereka tetap mendapat pesangon hingga pabrik yang baru selesai dibangun. Kepopuleran Polartec melambung seiring dengan meningkatnya permintaan di kalangan penggiat outdoor tahun 1990-an. Pada bulan November 2001, Malden Mills dinyatakan bangkrut akibat diterjang resesi ekonomi yang terjadi saat itu. Dikarenakan kemurahan hati dari para kreditornya, Malden Mills bisa tetap beroperasi. Bulan Januari 2007, Malden Mills kembali dinyatakan bangkrut. Aset-asetnya di beli oleh Chrysalis Capital Partners yang kemudian merombak Malden Mills dan membuat perusahaan baru bernama Polartec, LLC. Hingga kini, tercatat ada lebih dari 400 jenis kain yang berhasil dikembangkan dan diproduksi oleh Polartec. Pada tahun 2011, Polartec meluncurkan garmen waterproof-breathable berlabel Polartec NeoShell. Hal ini semakin menambah marak persaingan di sektor industri garmen waterproof-breathable yang sebelumnya dikuasai oleh Gore-Tex. Pada bulan Desember 2015, Polartec menutup pabrik asalnya di Lawrence, Massachusetts dan pindah ke Hudson, New Hempshire, dan Tennessee.


Fungsi dan kegunaan Polartec
Secara umum, Polartec dikenal sebagai bahan insulasi yang biasa digunakan di berbagai apparel outdoor. Khususnya untuk dipakai beraktifitas di daerah bersuhu dingin. Produknya yang paling populer yaitu Polartec Classic. Baru setelah itu, Polartec mengembangkan varian lainnya seperti misalnya garmen yang waterproof-breathable, windproof, flame resistant, baselayer, dan lain-lain. 

cara kerja polartec


Cara kerja kain Polartec
Cara kerja Polartec ialah dengan menjebak udara di dalam rongga-rongga kosong yang berada di serat kain. Rongga-rongga ini berfungsi untuk menjaga panas tubuh supaya tidak hilang keluar sehingga suhu tubuh tetap terjaga. Rongga-rongga tersebut juga memungkinkan adanya sirkulasi udara sehingga kain Polartec bisa breathable. Untuk ilustrasinya lihat gambar di atas.


Perbedaan antara kain polar, fleece, dan Polartec
Fleece dan kain polar hanya beda di istilahnya saja. Di barat, orang menyebutnya fleece dan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kain polar. Sedangkan Polartec ialah perusahaan yang pertama kali memproduksi serta mempopulerkannya. Istilah-istilah ini seringkali dicampur-adukkan sehingga membuat kita bingung. Kain polar atau fleece belum tentu buatan Polartec karena telah banyak bermunculan garmen sejenis buatan merk lain. Hingga kini Polartec masih menjadi produsen bahan fleece terbaik untuk pasar outdoor. Jika apparel tersebut menggunakan bahan Polartec akan dipasangi tag seperti pada foto di atas.


Keunggulan kain Polartec:
  • Insulasi yang lebih baik dibandingkan dengan kain polar biasa
  • Lebih awet dan lebih tahan pilling
  • Memiliki banyak varian sesuai kebutuhan konsumen
  • Tetap memberikan insulasi apabila basah
  • Cepat kering
  • Bobotnya ringan
  • Dapat dikompresi dengan mudah
  • Perawatannya mudah


Jenis-jenis kain Polartec:
  • Untuk baselayer: Power Dry, Power Grid, Power Stretch, Power Stretch Pro, dan Power Wool.
  • Untuk insulasi: Classic (berdasarkan ketebalannya ada yang 100, 200, dan 300), Thermal Pro, Alpha, dan Wind Pro.
  • Untuk proteksi: Windbloc, Power Shield, Power Shield Pro, dan NeoShell.
  • Untuk militer dan industri: Power Dry FR, Power Grid FR, Thermal FR, Wind Pro FR, dan Power Shield FR. FR singkatan dari Flame Resistant alias tahan api.
  • Untuk keperluan medis: PolarCare.