Langsung ke konten utama

Review Headset Samsung Galaxy Note 5 / Galaxy S6

Review Headset Terbaru Bawaan Samsung (Note 5, Galaxy S6 / S6 Edge)

Review gadget kali ini masih sama yakni seputar headset. Headset ini ialah headset original bawaan Samsung Note 5 dan Galaxy S6 / S6 Edge. Dengan munculnya flagship anyar tersebut Samsung juga membuat headset generasi terbaru. Hal ini terlihat dari tampilannya. Seperti apa model headset terbaru ini? Bagaimana kualitas suaranya jika dibandingkan dengan headset generasi sebelumnya? Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan di bawah ini.


Info pembelian
Saya membeli headset ini sebagai ganti Xiaomi Piston 3 saya yang earpiece sebelah kirinya sudah tidak berfungsi lagi. Sebelumnya saya pernah memiliki headset original bawaan Galaxy S5 dan sangat puas dengan kualitas suaranya. Headset Samsung generasi terbaru ini saya beli di sebuah kounter HP tak jauh dari rumah saya dengan harga Rp 125.000. Terpaut sedikit dari harga headset Samsung generasi sebelumnya yang sekitar Rp 100.000. Saya juga kurang tahu harga aslinya jika di store resmi Samsung. Perkiraan saya sih mungkin bisa 2 hingga 3 kali lipat dari harga di tempat saya beli ini. Sudah saya teliti dan pastikan bahwa headset Samsung yang dijual disini ialah barang asli alias 100% original. Saya tidak tahu mengapa harganya bisa jauh lebih murah. Mungkin barang gelap atau black market kali ya.


Kemasan
Headset ini saya beli cuma dibalut dengan klip plastik berwarna bening. Kabel headset digulung rapi dan dililit dengan kabel pengikat berwarna putih. Di dalamnya juga disertakan sepasang earbuds cadangan yang berukuran sedikit lebih besar dari yang sudah terpasang. Jadi kita bisa lepas pasang sendiri sesuai dengan selera kita. Kalau saya sih prefer pakai earbuds cadangan karena lebih pas di telinga dan tidak gampang copot.

Review Headset Terbaru Bawaan Samsung (Note 5, Galaxy S6 / S6 Edge)
Review Headset Terbaru Bawaan Samsung (Note 5, Galaxy S6 / S6 Edge)


Desain dan material
Sepintas dari segi kabel dan tombol yang ada ditengahnya, headset ini sangat mirip dengan generasi sebelumnya. Mulai dari material, tekstur, dan panjang kabelnya semuanya identik. Yang membedakan secara garis besar ialah di bagian earpiece-nya saja. Pada headset yang baru ini lebih menyerupai headset bawaan iPhone. Menurut saya headset ini terasa lebih nyaman di telinga daripada generasi sebelumnya yang terkesan konvensional ala headset in-ear classic alias jadul. Kerugian dari bentuk earpiece ini ialah penggunaannya harus sesuai untuk masing-masing telinga. Earpiece berlabel R untuk telinga kanan dan yang berlabel L untuk telinga kiri. Lain halnya dengan generasi sebelumnya yang tidak masalah meski pemakaiannya di bolak-balik. Pembeda lainnya ialah di bagian colokannya berwarna silver. Headset generasi sebelumnya berwarna emas.

Review Headset Terbaru Bawaan Samsung (Note 5, Galaxy S6 / S6 Edge)
Yang kiri ialah headset bawaan Samsung generasi terbaru tanpa earbuds dan yang kanan headset generasi sebelumnya yang dipakai oleh Galaxy S3, S4, S5, Note 3, dan Note 4.


Fitur lainnya
Untuk segi fitur masih sama seperti sebelumnya, yakni tombol untuk volume up, volume down, dan tombol pause/play. Di bagian belakang tombol ini teradapt mic untuk merekam suara. Bagi yang sudah familier dengan tombol-tombol ini saya rasa tak bakal kesulitan karena memang desainnya sudah pas sehingga kita bisa mengontrol volume meski tidak melihat letak tombolnya secara langsung. Tombol ini cocok untuk semua smartphone Android. Saya kurang tahu untuk Apple karena belum pernah mencobanya. Secara ajaib tombol volume down headset saya ini tidak berfungsi sejak pertama kali memakainya. Mungkin barang ini ada cacat produk dan tidak lolos quality control. Bagi saya sih gak masalah toh masih bisa ngecilin volume dari tombol di bagian samping handphone.


Kualitas suara
Tak banyak perbedaan kualitas suara dari headset generasi sebelumnya. Ketika saya pakai untuk mendengarkan musik secara bergantian dengan memakai kedua headset ini, saya tidak menangkap adanya perbedaan. Noise cancellation-nya juga cukup baik meski sempat ragu juga di awal karena pernah mencoba headset bawaan iPhone yang memiliki desain hampir sama. Saya rasa Samsung telah banyak belajar dari desain headset bawaan iPhone tersebut dan kemudian menyempurnakannya. Baik dari segi kualitas audio maupun desainnya. Ada sesuatu yang agak janggal setelah beberapa lama mencermati headset ini. Yakni suara di sebelah kiri lebih keras volumenya dan lebih terlihat detailnya. Tidak begitu signifikan memang tapi cukup terlihat, terutama jika volume ditinggikan. Asumsi saya sih mungkin headset saya ini ada defect-nya sedikit. Ya wajar aja lah wong belinya bukan di toko resmi.


Kenyamanan dan daya tahan
Untuk segi kenyamanan saya bisa pastikan bahwa headset ini jauh lebih nyaman di telinga jika dibandingkan dengan headset generasi sebelumnya. Terlebih lagi saat dipakai dalam waktu lama. Untuk daya tahan saya belum bisa kasih nilai karena masih sebulan pemakaian. Dari pengalaman memakai headset generasi sebelumnya bisa mencapai sekitar setengah tahun. Kita lihat saja sampai sejauh mana headset ini bisa survive.


Kesimpulan
Headset bawaan Samsung generasi terbaru ini lebih menitikberatkan pada segi desain. Dimana kali ini bentuk earpiece-nya lebih modern dan memang terbukti sangat nyaman di telinga. Sedangkan dari segi kualitas suara saya gak begitu merasakan adanya perbedaan dengan generasi sebelumnya.


Update: Headset ini bertahan sekitar 4 bulan. Setelah itu gak keluar suaranya sama sekali. Masih lebih baik headset seri sebelumnya yang mampu bertahan hingga 6 bulan.