Langsung ke konten utama

Tips Memilih Footprint atau Alas Tenda

Tips Memilih Footprint Tenda

Footprint atau alas tenda ialah sebuah alas yang digunakan sebagai pelapis di bagian bawah tenda. Footprint ini merupakan bagian tersendiri yang terpisah dari tenda. Seiring dengan maraknya tenda ultralight, penggunaan footprint menjadi vital guna melapisi bagian bawah tenda (floor) yang terbuat dari bahan silnylon. Bahan ini lebih rentan dari terpal sehingga perlu lapisan tambahan untuk melindunginya dari gesekan dengan permukaan tanah. 

Jika tidak menggunakan footprint, floor tenda dapat sobek dan terkikis. Berbeda dengan tenda yang floor-nya terbuat dari terpal. Bahan ini lebih kuat sehingga penggunaan footprint tidak menjadi kewajiban. Karena terpal ini berat dan juga seiring maraknya tren ultralight, produsen tenda pun mulai menggunakan bahan silnylon karena lebih ringan dan tetap anti air. Untuk tips memilih tenda gunung bisa anda baca disini.


Fungsi dan kegunaan Footprint
  • Menjaga floor tenda supaya lebih awet.
  • Menjaga bagian bawah permukaan tenda supaya tidak kotor.
  • Sebagai insulator tambahan supaya lebih hangat karena permukaan tenda tidak bersentuhan langsung dengan tanah.
  • Mencegah merembesnya air dari permukaan tanah ke dalam tenda, terutama pada saat musim hujan.
  • Dapat digunakan sebagai shelter.

Macam-macam bahan footprint
Footprint dapat dibuat dari berbagai bahan. Yang paling lazim ditemukan di pasaran biasanya menggunakan nilon-oxford atau ripstop nilon. Ada pula yang cukup menggunakan terpal. Untuk bahan yang paling ringan bisa menggunakan tyvek. Yang terpenting bahan footprint tersebut haruslah ringan, kuat, dan waterproof.

Footprint kadang sudah satu paket dengan tendanya. Tetapi jangan khawatir jika kita membeli tenda tanpa disertai footprint. Anda bisa beli yang eceran. Berikut ini tips memilih footprint tenda.


Tips memilih footprint serta aplikasinya:
  1. Ukur dahulu lebar dan panjang tenda. Pilih footprint yang ukurannya pas dengan bentuk tenda tersebut.
  2. Penempatan footprint tidak boleh melebihi floor tenda supaya air hujan tidak menggenang masuk ke bagian bawah tenda.
  3. Di salah satu sisi footprint ada lapisan coating yang berfungsi untuk melapisi bahan supaya waterproof. Lapisan ini teksturnya licin dan tampak lebih mengkilap jika dibandingkan dengan sisi lainnya yang tidak diberi coating. Taruh sisi yang ada lapisan coatingnya ini menghadap ke atas untuk menghindari pengikisan karena gesekan dengan permukaan tanah dan batu-batuan.
  4. Pilih yang ada lubang pengait di setiap sudutnya supaya bisa dipasak dan juga dapat difungsikan sebagai shelter.
  5. Pilih footprint yang ringan. Bobot idealnya tak lebih dari 500 gram untuk tenda berkapasitas 3 - 4 orang.
  6. Footprint sebaiknya dipasak di sudut-sudutnya supaya tidak mudah bergeser.