Langsung ke konten utama

Tips Memilih Pakaian dan Peralatan Mendaki Gunung

Tips Memilih Pakaian dan Peralatan Hiking

Sebelumnya sudah saya posting mengenai kisah singkat perkenalan saya di dunia hiking beserta manfaat dan risikonya. Kali ini akan saya bahas tips memilih pakaian dan peralatan mendaki gunung yang tepat untuk pendakian di Indonesia beserta cara perawatannya. 


Hiking merupakan cabang dari olahraga outdoor yang bernama mountaineering. Selain hiking, cabang lainnya ialah trail running, skiing, ice climbing, mountain biking, panjat tebing, dan masih banyak lagi. Artikel yang saya tulis di bawah ini hanya menekankan pada hiking saja. Bukan trail running yang lebih menekankan pada minimalisir bobot barang bawaan.


Hiking di Indonesia sendiri secara teknisnya memang tidaklah terlalu sulit jika dibandingkan dengan di Eropa atau Amerika. Iklim Indonesia yang tropis dan tidak bersalju membuat pendakian lebih mudah karena tidak membutuhkan teknik dan peralatan khusus.


Inilah yang mendorong saya untuk menulis artikel ini karena banyak sekali saya jumpai tulisan dari kawan-kawan blogger yang kurang mendetail dan terkadang hanya copas sekenanya dari website luar negeri. Hal ini jelas tidak cocok jika diterapkan untuk pendakian gunung-gunung di Indonesia. Selain persiapan fisik dan mental yang mumpuni, pakaian dan peralatan juga memegang peranan penting. Pakaian dan peralatan untuk mendaki ini biasa disebut dengan gear.


Ada tiga prinsip utama yang harus diperhatikan dalam memilih perlengkapan mendaki gunung. Yakni keselamatan, fungsionalitas, dan kenyamanan.


Belum cukup hanya dengan memilih pakaian dan peralatan yang tepat saja. Selanjutnya diperlukan perawatan khusus agar gear tetap dalam kondisi prima. Perawatan yang benar akan membuat gear jadi lebih awet dan tentunya bisa menghemat pengeluaran. Kita pun dapat menikmati pendakian dengan tenang dan penuh percaya diri karena yakin bahwa gear kita telah teruji performanya. Ini sangat penting karena kita harus selalu yakin akan kualitas gear yang kita bawa. Jika kita ragu maka akan timbul perasaan was-was sehingga tidak akan terasa nyaman.


Satu hal lagi yang perlu diingat ialah saya menulis ini berdasarkan pengalaman saya sendiri di lapangan serta berbagai buku dan bahan bacaan di internet yang selama ini saya pelajari. Jika ada tambahan yang dirasa perlu akan selalu saya update. Semoga ulasan-ulasan di bawah ini dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Silahkan kasih komentar dan jangan lupa bagikan jika bermanfaat.


Klik artikel berikut ini untuk lebih jelasnya: