Langsung ke konten utama

IMDb: Situs Wajib Bagi Yang Doyan Nonton Film

Pentingnya Bikin Akun IMDb Bagi Yang Doyan Nonton Film

Jangan ngaku penggemar film kalau gak punya akun IMDb. Lah kenapa? ya pasalnya sumber referensi dan segala info tentang dunia perfilman komplet ada disitu semua. IMDb bisa dibilang mbahnya situs database film lantaran sudah dirilis sejak 17 Oktober 1990. Wuih, bahkan lebih tua dari sebagian dari kita ya. IMDb ini pada tahun 1998 resmi dibeli oleh Amazon. Jadi IMDb merupakan subsider atau anak perusahaan dari Amazon.

Pernah nongkrong ama teman dan dia ngasih tau suatu film? apa yang kemudian kita lakukan? ya pertama lihat trailer filmnya dulu di YouTube. Terus kita lihat ratingnya di IMDb. Kalau emang dari trailernya kelihatan seru dan ratingnya cukup menyakinkan, baru deh percaya kalau film itu emang layak tonton. Pengalaman saya selama ini sih rating IMDb gak pernah bohong. Dengan catatan voternya juga banyak. Makin banyak voternya maka makin kredibel pula rating tersebut karena rating di dapat dari rataan nilai yang diberikan oleh voter. 

Skala voting yang digunakan mulai dari 1 untuk film yang paling jelek hingga 10 untuk film yang paling bagus. Terlebih lagi untuk kategori top 250 film terbaik sepanjang masa versi IMDb yang mana ngitungnya pakai rumus statistik sehingga sangat kredibel. Buset dah! memang film-film yang masuk kategori Top 250 ini begitu mendunia sehingga perlu "perhatian khusus" dari IMDb agar kredibilitasnya terjaga.

Sebenarnya situs referensi film profesional gak hanya IMDb aja. Banyak lagi contohnya. Yang cukup populer diantaranya: Rotten Tomatoes, Metacritic, Film Crave, dan Flixster. Tapi yang paling lengkap dan kredibel ya IMDb. Lah wong namanya aja Internet Movie Database. Mau cari apapun tentang film ada disitu semua. Berikut ini beberapa fitur IMDb yang sayang jika dilewatkan.


Berita seputar dunia perfilman
Situs IMDb juga menyediakan berita dan liputan terkini yang lagi hot di dunia perfilman. Termasuk jadwal pemutaran bioskop, chart box-office, interview dengan para aktor/aktris, sutradara, writer, produser, galeri foto, live report, dan banyak lainnya.


Rating yang kredibel
Untuk menentukan film yang layak masuk dalam kategori Top 250, IMDb hanya menghitung jumlah vote dari akun yang mereka sebut regular voter saja. Hanya IMDb yang tahu apa itu regular voter itu. Hal ini untuk menghindari adanya over-voting yang akan menyebabkan bias. Rating yang bias ini sebagai contoh banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang gak bermutu, tapi kok bisa-bisanya dapat rating tinggi. Karena banyak spammer yang merating tinggi aplikasi itu hingga terjadi yang namanya over-voting. Balik lagi ke rating Top 250 IMDb tadi, lalu penghitungannya menggunakan rumus rata-rata dari teorema Bayes:


Dimana,
W = Rasio tertimbang
R = Nilai rataan film, dalam skala 0 sampai 10 (nilai mean). R berarti Rating
v = Jumlah voting yang di dapat. v berarti votes
m = Jumlah voting minimum yang dibutuhkan untuk dapat masuk ke jajaran Top 250 (saat ini harus minimal 25.000 voting). m berarti minimum
C = nilai mean voting yang telah distandarkan (saat ini 7,0)



Selalu update
IMDb selalu mengupdate database-nya sehingga gak usah khawatir. Film inceran kalian gak bakalan terlewatkan karena akan ditampilkan lengkap dengan tanggal rilisnya.


Rekomendasi film
Jika kita punya akun IMDb dan mulai ngevote film, maka kita akan mendapatkan rekomendasi dari film sejenis yang udah kita voting tersebut. IMDb akan ngasih rekomendasi ini secara otomatis atas dasar genre yang sama, aktor atau sutradara yang sama, atau dari hasil rekomendasi user lainnya yang akan terus ditambahkan. Jadi makin hari fitur ini semakin canggih dan pinter.

Tampilan rekomendasi film sejenis


Komunitas yang terus berkembang
Kelebihan lain dari IMDb ialah banyaknya forum diskusi, tanya jawab, sharing, dan polling dari sesama user. Karena IMDb pada dasarnya adalah forum pengguna. Jadi siapa saja bisa ngebikin thread sendiri, nulis review, ikutan forum, atau bahkan bikin polling dan juga list sendiri tanpa harus jadi moderator. 


Bisa bikin watchlist
Yup, kayaknya sepele sih tapi manfaatnya luar biasa daripada nyatetin film satu-persatu. Jika kita selalu ngevote tiap habis nonton film, apabila suatu saat kita lupa atau gak yakin udah nonton apa belum ya tinggal lihat aja di IMDb. Kalau kita udah ngevote ya berarti udah pernah nonton film tersebut. Ini berguna sekali karena terkadang kita lupa saking banyaknya film yang udah pernah kita tonton.


Tersedia aplikasi versi mobile-nya
IMDb tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Bisa di unduh secara free. Aplikasi ini sangat berguna sekali jika kita sering online melalui smartphone.