Langsung ke konten utama

Kembali Ngeblog: Hobi Menulis Yang Tertunda

Kembali Ngeblog!

Awal perkenalan saya dengan dunia blog bermula ketika masih duduk di bangku kelas 1 SMA tahun 2008 lalu. Saya bersekolah di SMA Negeri 11 Surabaya, salah satu sekolah negeri di daerah Surabaya Barat. Mata pelajaran yang diajarkan ketika itu adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang di dalamnya ada kurikulum baru sesuai kebijakan sekolah masing-masing. Memang ekstrakurikuler TIK di sekolahku ini tergolong sarat prestasi. Sebutan untuk ekskul ini ialah Peniti (Komunitas Pencinta Teknologi Informasi SMAN 11 Surabaya). Salah satu guru pengajar TIK ini adalah Pak Abdul Ghofur yang akrab disapa Gempur. Beliau ini salah seorang pionir Blogger Surabaya. Guru TIK lainnya ialah Pak Edi Purwanto. Beliau ini menjadi guru yang cukup populer di kalangan siswanya. Selain mengajar di SMAN 11 Surabaya, beliau juga mengajar di SMK Sejahtera. Blog beliau bisa dikunjungi di edipsw.com

Nah, saat pelajaran inilah masing-masing siswa diwajibkan membuat sebuah blog. Saat itu saya membuat sebuah blog di blogger. Seiring berjalannya waktu, karena masih alay dan cepat bosan, saya pun membikin blog itu ala kadarnya dengan artikel copy-paste. Widget-widget yang notabene tidak penting banyak menghiasi blog saya ketika itu. Hal ini membuat pageload blog menjadi sangat lama alias lemot. Akhirnya blog itu saya hapus pada tahun 2009. Maklumlah namanya juga masih remaja. Faktor lain yang membuat saya memutuskan untuk menghapus blog itu ialah di rumah belum terpasang koneksi internet. Sehingga membuat banyak ide untuk menuangkan postingan sesegera mungkin ke dalam blog menjadi terhambat. Ada kalanya, saking ngebetnya menulis artikel, saya ketik dulu melalui Microsoft Word di rumah dan jika ada waktu saya main ke warnet buat mempostingnya.

Setelah itu, tidak serta merta saya berhenti dari menulis blog. Keinginan untuk ngeblog itu saya lanjutkan melalui blog band saya yang di hosting di wordpress.com. Postingan blog berisi tentang kegiatan band saya, mulai dari event hingga berita seputar band saya itu. Dan pada akhirnya, blog ini juga harus menelan pil pahit ketika band saya bubar secara tidak resmi karena kesibukan masing-masing personilnya. Kontan hal ini membuat saya sedih dan dengan terpaksa blog itu saya hapus pada akhir bulan Oktober 2015.

Setelah akhirnya terbersit pikiran untuk memulai ngeblog lagi, kali ini berupa blog personal, akhirnya ide ini terealisasi juga dengan lahirnya blog ini. Alasan kuat lainnya yang mendasari niatan ini adalah faktor hobi. Ya, hobi saya yang belum sempat tersalurkan adalah menjadi penulis ataupun kritikus. Rumah telah terkoneksi dengan internet dan jika banyak waktu luang pasti sebisa mungkin akan saya sempatkan untuk ngeblog. Saya sadar secara penuh, rintangan terbesar untuk menjadi penulis blog adalah faktor malas dan minimnya waktu. Hal inilah yang kemudian saya siasati dengan kembali membuat blog sehingga makin memotivasi saya untuk selalu menyempatkan ngeblog.

Dengan adanya blog ini maka semakin membuat saya termotivasi untuk rajin menulis. Harapan saya kepada para pembaca blog ini ialah semoga dengan tulisan-tulisan saya ini dapat menghibur anda, memberikan wawasan baru, sekadar berbagi opini dan pendapat untuk saling bertukar ide. 

Keep on blogging!