Langsung ke konten utama

Apa itu Vibram? Produsen Sol Sepatu No.1 di Dunia

Apa itu Vibram?

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Vibram. Terutama yang gemar berolahraga. Logo atau cap Vibram seringkali kita jumpai pada sepatu-sepatu outdoor. Apa sih Vibram itu? Apa keunggulannya? Mengapa bisa begitu populer sekali? Simak penjelasan di bawah ini.


Apa itu Vibram?
Vibram S.p.A. ialah sebuah perusahaan yang memproduksi dan memegang lisensi pembuatan sol sepatu berlabel Vibram. Vibram dianggap sebagai penemu sol sepatu karet pertama kali dan mempopulerkannya. Sol sepatu Vibram terbuat dari karet vulkanisir sehingga sangat kuat ketahanan dan daya cengkeramnya. Awalnya Vibram dibuat khusus untuk olahraga outdoor, khususnya mountaineering. Kini Vibram telah berkembang pesat dan tidak hanya memproduksi sol sepatu olahraga saja, tetapi juga sol sepatu casual untuk kegiatan sehari-hari. Tiap pola atau bentuk sol tersebut dibuat dengan tekstur sedemikian rupa sehingga cocok digunakan untuk aktivitas dan medan yang bakal dilalui. Oleh sebab itu Vibram tak hanya memproduksi sol sepatunya saja, namun juga pola dari sol itu sendiri. Jadi intinya Vibram adalah sebuah merek pembuat sol sepatu, bukan nama material ataupun bahannya.


Sejarah berdirinya Vibram
Pada tahun 1935, seorang pendaki asal Italia bernama Vitali Bramani memimpin rekan-rekannya mendaki Pegunungan Alpen. Mereka menggunakan sepatu dengan tambahan paku-paku di bagian solnya. Ketika hendak sampai ke puncak, Bramani dan rekan-rekannya mengganti sepatu dengan yang lebih ringan. Kemudian kabut dan badai salju menerjang mereka. Sepatu mereka semakin membuat pendakian sulit karena licin dan tidak memberikan insulasi yang baik. Dalam peristiwa itu, enam pendaki diantaranya tewas. Setelah kejadian tersebut, Bramani berpikir keras untuk menciptakan sebuah sol sepatu yang cocok digunakan baik di permukaan keras maupun basah dan licin. Akhirnya dia mendapat ide untuk menggunakan karet karena mengandung senyawa kimia yang sangat padat dan mudah dicetak. Karet tersebut dibuat dari proses vulkanisir. Desain ini dia patenkan pada tahun 1937 dan diberi nama Vibram, akronim dari namanya sendiri, Vitali Bramani. Ia memproduksi sepatu bersol karet pertama yang diberi nama Carrarmato. Diambil dari bahasa Italia yang artinya jejak tank. Pembuatan sepatu ini mendapat bantuan finansial dari Leopoldo Pirelli, presiden perusahaan Pirelli ketika itu. Pirelli ialah sebuah perusahaan terkemuka di Italia yang memproduksi ban untuk otomotif. Pada tahun 1945 dibangunlah pabrik Vibram pertama di kota Albizzate. Keberhasilan pendakian K2, salah satu puncak di Pegunungan Everest, pada tahun 1954 juga karena andil Vibram karena tim pendaki yang seluruhnya orang Italia mengenakan sepatu dengan sol buatan Vibram. Vibram terus melebarkan sayapnya dengan mendirikan kantor cabang di Amerika Serikat pada tahun 1965 dan di Cina pada 1998. Vibram kembali melakukan inovasi di dunia olahraga dengan mengeluarkan sepatu lari yang diberi nama Vibram Fivefingers pada tahun 2004. Sepatu ini di desain khusus menyerupai bentuk kaki sehingga akan terasa lebih natural, seakan-akan sedang berlari tanpa menggunakan sepatu. Hingga kini Vibram telah membuka kantor cabang di empat negara. Yakni pusatnya di Italia, Amerika Serikat, Cina, dan Brasil.

vibram fivefingers
Dari kiri ke kanan: Sepatu kulit dengan tambahan paku di telapaknya yang biasa dipakai oleh pendaki gunung di masa lalu, sepatu bersol karet pertama produksi Vibram yang diberi nama Carrarmato, dan sepatu Vibram Fivefingers.


Fungsi dan kegunaan Vibram
Sol Vibram dipakai oleh banyak produsen sepatu olahraga, khususnya olahraga outdoor, karena daya tahan dan cengkeramannya yang kuat. Sol vibram sangat tahan terhadap pengikisan atau abrasi karena menggunakan karet yang telah di vulkanisir dengan teknologi canggih. Sol Vibram telah teruji ketangguhannya di berbagai medan dan di banyak gunung di dunia. Selain untuk olahraga, Vibram juga memproduksi sol sepatu casual untuk sehari-hari, sepatu kerja, sepatu safety, sepatu khusus militer, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Keunggulan Vibram:
  • Memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding sol karet biasa 
  • Tahan terhadap abrasi
  • Memberikan daya cengkeram yang sangat baik di berbagai tekstur permukaan dan kondisi tanah


Jenis-jenis sol Vibram
  • Sports and Outdoors: Climbing Performance, Durability Performance, Grip Performance, dan Eco Performance.
  • Works and Safety: Flame Resistance Performance, Safety Performance, dan Durability Performance.
  • Dress and Casual: Lightness Performance, Grip Performance, dan Eco Performance.

contoh sepatu hiking vibram
Contoh sepatu hiking dengan sol Vibram. Dari kiri ke kanan: Meindl Stowe, The North Face Trail Meister III, dan Lowa Renegade.