Langsung ke konten utama

15 Film Science Fiction Terbaik Tentang Relativitas Waktu

Film fiksi ilmiah Teori Relativitas Waktu terbaik

Jika kalian penyuka film fiksi ilmiah pasti sudah gak asing lagi dengan istilah relativitas waktu atau dilatasi waktu. Dikutip dari Wikipedia: Dilatasi waktu ialah perbedaan waktu tempuh antara dua peristiwa yang sedang diamati, baik keduanya secara bersamaan bergerak secara relatif satu sama lain atau bergerak secara sendiri-sendiri akibat adanya perbedaan massa atau gravitasi.

Alur cerita film bertema ini memang seringkali bikin pusing kepala dan menuai banyak tanda tanya. Pastinya, film berikut ini akan membuat kita menyesal jika pada waktu sekolah dulu gak serius belajar Fisika. Inilah 15 film science fiction terbaik dengan tema relativitas waktu.



 1. Interstellar (2014) 
Interstellar (2014)
Sutradara: Christopher Nolan
Pemeran utama: Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chasstain, Matt Damon
Durasi film: 2 jam 49 menit
Rating IMDb: 8,7

Sulit rasanya menandingi film sci-fi yang satu ini. Setiap detail dan alur ceritanya terasa begitu menakjubkan. Bahkan saking realistisnya, Nolan sampai berkonsultasi dengan sekelompok ilmuwan demi membuat sebuah film yang bukan hanya sekedar fiksi ilmiah saja, namun juga menembus batas realita.




 2. Predestination (2014) 
Predestination (2014)
Sutradara: Michael Spierig dan Peter Spierig
Pemeran utama: Ethan Hawke, Sarah Snook, Noah Taylor

Durasi film: 1 jam 37 menit
Rating IMDb: 7,4

Pernahkah anda mendengar cerita tentang ouroboros. Kisah tersebut berasal dari legenda Yunani yang menceritakan tentang seekor ular yang memakan ekornya sendiri. Kira-kira seperti itulah alur cerita di film ini. Ya sudah daripada spoiler, mending anda tonton sendiri aja!




 3. Twelve Monkeys (1995) 
Twelve Monkeys (1995)
Sutradara: Terry Gilliam
Pemeran utama: Bruce Willis, Brad Pitt, Madeleine Stowe
Durasi film: 2 jam 9 menit

Rating IMDb: 8,1
Dimana lagi anda bisa menyaksikan Brad Pitt dan Bruce Willis dalam satu film. Film ini tak hanya populer di era '90-an, namun juga bakal dikenang sepanjang masa. Perpaduan ciamik antara action, sci-fi, dan misteri. Endingnya pun sangat emosional.




 4. The Butterfly Effect (2004) 
The Butterfly Effect (2004)
Sutradara: Eric Bress, J. Mackye Gruber
Pemeran utama: Ashton Kutcher, Amy Smart, Melora Walters

Durasi film: 1 jam 53 menit
Rating IMDb: 7,7

Salah satu film yang saya pikir bakal keluar sekuelnya, eh ternyata kagak ada. Alur ceritanya yang maju mundur memang bikin emosi. Tapi tenang, tonton sampai akhir biar tau runtutan ceritanya.




 5. Source Code (2011) 
Source Code (2011)
Sutradara: Duncan Jones
Pemeran utama: Jake Gyllenhaal, Michelle Monaghan, Vera Farmiga

Durasi film: 1 jam 33 menit
Rating IMDb: 7,5

Film sci-fi yang dibintangi Jake Gyllenhaal memang banyak yang bagus. Tak terkecuali Source Code. Ini film juga alur ceritanya maju mundur. Yang bikin unik menurut saya ialah perpaduan antara misteri dan kisah romance-nya.




 6. Looper (2012) 
Looper (2012)
Sutradara: Rian Johnson
Pemeran utama: Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Emily Blunt
Durasi film: 2 jam
Rating IMDb: 7,5

Looper ini salah satu film yang berhasil memadukan sci-fi, drama, dan action dengan ciamik. Bruce Willis memerankan versi tuanya Gordon-Levitt. Kok sama sekali gak mirip ya?




 7. Triangle (2009) 
Triangle (2009)
Sutradara: Christopher Smith
Pemeran utama: Melissa George, Joshua McIvor, Jack Taylor, Liam Hemsworth

Durasi film: 1 jam 39 menit
Rating IMDb: 6.9

Film ini terbilang kelas B kalau menurut saya karena jarang terdenger dari gemerlapnya sci-fi box office. Tapi jangan salah. Alur ceritanya nyaris sempurna. Di film ini juga ada Liam Hemsworth, si adiknya Thor. Meski doi bukan pemeran utama.




 8. Timecrimes (2007) 
Timecrimes (2007)
Sutradara: Nacho Vigalondo
Pemeran utama: Karra Elejalde, Candela Fernández, Bárbara

Durasi film: 1 jam 32 menit
Rating IMDb: 7,2

Film asal Spanyol ini wajib anda tonton. Biar gak melulu lihat film bikinan Amrik aja. Ingat kisah tentang ouroboros? alur cerita dalam film ini hampir mirip seperti Triangle. Meski tergolong low-budget dan minimalis, film ini tak bisa dianggap remeh.




 9. Donnie Darko (2001) 
Donnie Darko (2001)
Sutradara: Richard Kelly
Pemeran utama: Jake Gyllenhaal, Jena Malone, Mary McDonnell

Durasi film: 1 jam 53 menit
Rating IMDb: 8,1

Film ini cukup sering dibahas di berbagai situs dan forum di internet. Dari segi alur cerita maupun makna dibalik misteri yang tersimpan di dalamnya. Kalau menurut saya sebenarnya sederhana. Film ini multi-tafsir. Sengaja dibikin "mengambang" oleh sutradaranya supaya kita bisa menginterpretasi sendiri maknanya. Gak usah terlalu diambil pusing, semakin dipikir lama-lama bisa gila.




 10. Coherence (2013) 
Coherence (2013)
Sutradara: James Ward Byrkit
Pemeran utama: Emily Baldoni, Maury Sterling, Nicholas Brendon

Durasi film: 1 jam 29 menit
Rating IMDb: 7,1

Film ini tergolong film kelas B. Film minimalis bertaraf low-budget. Latar tempat di film ini juga sebagian besar hanya berkutat di dalam rumah saja. Yang bikin menarik ialah tensi film yang semakin lama semakin seru. Menegangkan dan tak terduga. Ngomong-ngomong soal teori Fisika, film ini bisa dijadikan referensi. Mungkin gak ya kejadian beneran di dunia nyata?




 11. Deja Vu (2006) 
Deja Vu (2006)
Sutradara: Tony Scott
Pemeran utama: Denzel Washington, Paula Patton, Jim Caviezel, Val Kilmer

Durasi film: 2 jam 6 menit
Rating IMDb: 7,0

Film paling baper sedunia. Lah gimana gak baper coba, sang pemeran utamanya jatuh cinta dengan gadis yang notabene sudah meninggal dunia. Eits, jalan ceritanya tidak sesederhana itu. Tonton sampai akhir dan anda akan setuju dengan pernyataan saya itu. Denzel Washington di film ini berhasil memerankan karakter ter-baper sepanjang masa dengan ciamik.




 12. Time Lapse (2014) 
Time Lapse (2014)
Sutradara: Bradley King
Pemeran utama: Danielle Panabaker, Matt O'Leary, George Finn

Durasi film: 1 jam 44 menit
Rating IMDb: 6,4

Sebagian besar dari anda mungkin belum pernah dengar film ini. Ya wajar lah wong ini film kelas B. Sudah pasti minimalis dan low-budget. Latar tempat-nya pun hanya berkutat di satu lokasi aja. Berbeda dengan Triangle dan Timecrimes. Film ini lebih mengedepankan sisi realistisnya. Apa yang akan anda lakukan seandainya anda memiliki mesin yang bisa mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi esok?




 13. Frequency (2000) 
Frequency (2000)
Sutradara: Gregory Hoblit
Pemeran utama: Dennis Quaid, Jim Caviezel, Shawn Doyle

Durasi film: 1 jam 58 menit
Rating IMDb: 7,3

Film ini memang tidak seberapa membuat kita berpikir. Cukup ringan karena ceritanya tentang sebuah keluarga. Lebih tepatnya, ikatan batin yang kuat antara seorang anak dan bapaknya. Ikatan itu saking kuatnya sampai bisa mengubah takdir si bapak.




 14. Another Earth (2011) 
Another Earth (2011)
Sutradara: Mike Cahill
Pemeran utama: Brit Marling, William Mapother, Matthew-Lee

Durasi film: 1 jam 32 menit
Rating IMDb: 7,0

Meski tak se-kompleks Interstellar, film ini cukup layak ditonton. Entah kenapa film ini terkesan sedikit Disney-ish. Mungkin karena tema utamanya tentang drama percintaan kali ya.




 15. Project Almanac (2014) 
Project Almanac (2014)
Sutradara: Dean Israelite
Pemeran utama: Amy Landecker, Sofia Black-D'Elia, Virginia Gardner

Durasi film: 1 jam 46 menit
Rating IMDb: 6,4

Film ini dari segi cerita sudah sangat umum sebetulnya. Menceritakan tentang sekelompok remaja yang membuat mesin waktu. Namun, rencana mereka tak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Ah, sudahlah daripada bikin spoiler. Mending tonton sendiri aja. Lumayan buat melengkapi koleksi sci-fi anda.